Update !!! Cara mengetahui pemakaian kuota Google Drive

Update !!! Cara mengetahui pemakaian kuota Google Drive

Bismillah. Assalamualaikum. Selamat datang di blog Penajam. Artikel mengenai bagaimana cara mengetahui kuota pemakaian/ruang penyimpanan (storage space) baik sisanya sekaligus berapa yang telah kita gunakan serta bagian apa saja yang telah menyita ruang penyimpanan akun Google Drive yang kapasitas standar untuk satu buah akun adalah sebesar 15 Gb dan dapat lebih pada akun tertentu seperti akun edukasi dan akun premium (berbayar/berlangganan) telah penulis update/perbarui. Silahkan baca pada artikel dibawah ini. 

Pengantar

Internet selain sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dengan bebas diakses, juga merupakan salah satu tempat kita mengunduh (en: download) berbagai macam file yang sangat kita perlukan. Misalnya saja kita ingin mengunduh audio (contoh: mp3 murrotal, mp4 suara burung, aac hasil rekaman, dan lain sebagainya). Salah satu tempat untuk menaruh file-file tersebut adalah Google Drive yang merupakan salah satu bentuk layanan Google kepada para pengguna internet di Indonesia maupun di dunia. 



Namun, banyak diantara kita tidak mengetahui bagaimana cara melakukan cek pemakaian kapasitas Google Drive tersebut. Untuk akun personal dan gratis, Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 15 Gb. Lumayan besar jika hanya dijadikan tempat menaruh file-file skripsi agar aman, atau foto-foto hasil penelitian yang sangat penting, atau menaruh file-file hasil rekaman kajian dan lain sebagainya.

Inilah Cara Mengetahui Pemakaian kuota Google Drive

Cara mengetahui atau mengecek seberapa besar kapasitas pemakaian yang telah kita peroleh ada dua macam. Kali ini saya anggap pembaca sekalian telah paham dalam pemakaian awal Google Drive atau mudahnya adalah anda telah memiliki akun Gmail (contoh : nama.anda@gmail.com). Sebagai bentuk pertanggungjawaban tulisan ini, silahkan pembaca langsung melihat Cara Ketiga, karena cara terakhir tersebut adalah cara terbaru (update) bagaimana kita mengetahui berapa jumlah pemakaian kuota penyimpanan pada akun Google Drive kita.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Limit Kuota di Google Drive

Cara Pertama
Anda login atau masuk kedalam akun Google anda atau bisa juga langsung mengetik alamat di adress bar browser anda drive.google.com. Maka anda akan diantar menuju login atau pintu masuk Google Drive. Untuk mengetahui kapasitas ruang yang telah terpakai silahkan lihat gambar dibawah ini.




cara mengetahui kapasitas pemakaian pada akun google drive


Cara Kedua

Cara ini masih sama dengan cara pertama tadi, namun anda akan dibawa ke mode pemakaian ruang Google Drive anda dalam bentuk prosentase. Langsung saja ketikan alamat di adress bar browser anda https://drive.google.com/settings/storage. Ketika anda telah pada posisi login pada akun Google Crive maka anda akan mendapatkan informasi yang dimaksud sesuai dengan gambar dibawah ini. Ketika halaman web muncul maka anda akan disuguhi dengan informasi pemakaian ruang Google Drive anda dalam mode prosentase. Lihat gambar dibawah ini. 

cara mengecek kapasitas pemakaian google drive terbaru
Selain informasi pemakaian, anda juga akan diberikan penawaran untuk melakukan upgrade atau penambahan kapasitas pemakaian ruang penyimpanan dengan berlangganan dan tentunya kapasitasnya lebih besar lagi. Berlangganan biasanya biaya yang dikeluarkan adalah perbulan dengan kapsitas sekian.

Cara Ketiga (Update !!!)
Google telah melakukan update atau pembaruan pada link penyimpanan di Google Drive. Ketika kita mengakses alamat URL pada cara kedua maka kita akan dibawa pada tautan Google One. Penulis sudah mencobanya. Pada contoh gambar dibawah ini yang merupakan akun yang penulis gunakan untuk melakukan pengecekan berapa kuota penyimpanan (storage space) yang telah digunakan pada akun Google Drive. Untuk membuktikannya silahkan langsung mengunjungi tautan berikut ini https://one.google.com/storage.

Update !!! Cara mengetahui pemakaian kuota Google Drive


Demikian informasi ringan namun admin berharap dapat menambah informasi pembaca mengenai cara mengetahui kapasitas penyimpanan Google Drive. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan (share) pada lini masa sosial media baik facebook, twitter, instagram anda. Terima kasih. Assalamualaikum.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar