Skip to main content

Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan Google Drive

Penajam.Com - Bismillah. Menurut pengertian penulis Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan data dan file lainnya (file storage) dari salah satu raksasa Internet yaitu Google yang telah dibuka beberapa tahun lalu. Layanan penyimpanan file yang disediakan oleh Google dapat dikatakan telah didahului oleh beberapa penyedia serupa seperti box, dropbox, mediafire dan penyedia sejenisnya. Dari sini dapat diketahui bahwa pengertian dari google drive adalah salah satu tempat di dunia maya (internet) yang dapat kita manfaatkan sebagai tempat kita menyimpan file, dokumen, foto, video, audio dan sejenisnya. Bagaimana dengan manfaat serta fitur dari google drive setelah kita mengetahui pengertian dari Google Drive tersebut. 
Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan Google Drive di Windows 10

Beberapa manfaat dari Google Drive :
Manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menggunakan layanan hosting file Google Drive.
1. Dapat kita gunakan sebagai tempat menyimpan file penting kita.
2. Sebagai Backup file yang telah kita simpan baik di Komputer/PC maupun di Smartphone.
3. Dapat membantu pekerjaan kita yang membutuhkan sistem kolaborasi dalam pembuatan tulisan.

Beberapa fitur utama Google Drive :
Selain fitur yang disebutkan disini bisa saja ada tambahan fitur terbaru yang ditambahkan oleh Google sesuai dengan kebijakan perusahaan.
1. Gratis ruang penyimpanan sebesar 15 Gb dan dapat di upgrade.
2. Dapat mensinkronisasi antara file di komputer dengan akun google drive.
3. Dapat mengunggah file, membuat folder khusus, dan membuat file baru.
4. Membuat, mengedit, dan memformat Google Documents (Word), Spread (Excel), dan Slide (Presentasi).

Kapasitas ruang penyimpanan di Google Drive
Sebagai pengguna biasa, Google Drive menawarkan kapasitas ruang penyimpanan di Google Drive secara gratis sebesar 15 Gb dan dapat diupgrade menjadi lebih besar lagi hingga 1 TB dengan jumlah nominal tertentu. Setidaknya ketika tulisan ini terbit, dengan sebuah akun Google kita akan mendapatkan kapasitas penyimpanan lumayan besar yaitu 15 Gb.
Ruang penyimpanan yang kita gunakan untuk membagikan file (termasuk PDF, Gambar/Image dan Video, MP3/Audio) yang telah kita hosting/simpan di Google Drive seperti Google Drive itu sendiri, Email di Gmail dan tentu saja Google Photos. Untuk melakukan pengecekan berapa sisa ruang penyimpanan di Google Drive tersebut, anda dapat melakukan pengecekan seperti pada postingan sebelum ini yaitu bagaimana cara mengetahui pemakaian kuota akun Google Drive.

Cara Menggunakan Google Drive
Secara rinci penggunaan Google Drive untuk mendukung pekerjaan sehari-hari sangatlah mudah dan simpel. Anda hanya perlu menyisihkan waktu setiap harinya untuk mengetahui cara menggunakan google drive tersebut, apa saja manfaat yang dapat diperoleh serta fitur-fitur terbaru dari Google Drive tersebut. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Drive secara umum?
Menggunakan Google Drive cukup mudah anda hanya perlu masuk/login atau membuka pertama kali pada halaman https://www.google.com/drive/ dan anda cukup menggunakan salah satu (jika memiliki lebih dari 1 akun) akun Google anda. Akun Google sendiri dapat dengan mudah dibuat menggunakan Gmail.
Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Menggunakan Google Drive
Sesuai dengan gambar diatas, anda akan dibawa kedalam akun Google Drive anda ketika telah login. Untuk penggunaan personal maka akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 15 Gb dan jika menggunakan untuk keperluan bisnis maka anda dapat meningkatkan kapasitasnya hingga ratusan Gb bahkan hingga 1 Tb. Silahkan mencoba semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar