Skip to main content

5 Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

Penajam.Com - Bismillah. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Ya namanya belimbing sayur atau ada sebagiah masyarakat kita menyebutnya belimbing wuluh. Belimbing wuluh dikenal sebagai buah yang sangat cocok pada masakan seperti kuah sayur asam, ikan kuah atau bumbu kuning serta pepes ikan. Buah mungil dan imut ini memiliki citarasa kecut dan sangat pas jika dikombinasikan dengan bahan masakan pedas. Didukung dengan kondisi dan iklim tropis di Indonesia yang menjadikan belimbing cocok dengan selera masyarakat Indonesia. Sehingga jangan heran jika buah ini telah banyak tumbuh dan berkembang di pelosok nusantara sebab habitatnya telah menyebar dari pulau Sumatera hingga pulau Irian.

Manfaat Belimbing Sayur Wuluh untuk Kesehatan
Penyebaran belimbing wuluh atau belimbing sayur ini dapat dikatakan yang cukup luas, maka menjadikannya pilihan terbaik untuk menangani penyakit yang muncul dalam keseharian kita. Beberapa jenis pengobatan yang bergantung pada tumbuhan mungil ini seperti sakit perut, encok, demam, sariawan, biduran, dan lain-lain. Ternyata alasan masyarakat memercayai tumbuhan ini dapat terbukti dengan adanya kandungan kimiawi pada buah iniseperti flavonoid, saponin, tanin, glukosida, kalsium, kalium dan peroksidase yang terdapat pada daun dan buahnya.

Berikut ini adalah beberpa manfaat belimbing wuluh yang berhasil penulis rangkum terutama bermanfaat bagi kesehatan:

1.Mengatasi Hipertensi
Untuk mengatasi penyakit ini sediakan 3 buah belimbing wuluh dan ½ ikat daun kemangi. Kedua bahan direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih. Sisakan ½ gelas untuk diminum. Sebelumnya saring terlebih dahulu dan diminum menjelang tidur. Ulangi cara ini 3 hari sekali.

2.Mengatasi Diabetes mellitus
Ambil dan rebus sebanyak 3 genggam daun belimbing wuluh ke dalam 1 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan minum 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.
Manfaat Belimbing Sayur Wuluh untuk Kesehatan
3.Mengatasi Batuk
Ambil dan rebus sebanyak 1 genggam daun belimbing wuluh dan 3 buah belimbing wuluh bersama 3 gelas air hingga mendidih. Saringlah untuk diminum pada pagi dan sore.

4.Mengatasi Encok
Ambil dan Tumbuklah 4 genggam daun belimbing wuluh hingga halus. Gunakan hasil tumbukan untuk menggosok bagian pinggang yang terkena encok.

5.Sebagai penghilang jerawat diwajah
Silahkan ambil serta parut sebanyak 3 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih. campur hasil parutan dengan sedikit garam. Gunakan sebagai bedak pada bagian wajah yang berjerawat.

Demikianlah beberapa manfaat belimbing wuluh atau belimbing sayur yang dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan didalam keseharian kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Karena kandungan serta manfaat luar biasa daun dan buah belimbing ini untuk kesehatan seperti membantu mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, membantu mengurangi bahkan mengatasi batuk, encok serta jerawat diwajah maka manfaatkan buah ini yang ada disekitar kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar