Just writing about life because writing is sharing

Inilah kandungan gizi dan khasiat pada ikan gabus

Assalamualaikum.
Selamat Datang di blog penajam

Postingan kali ini penulis akan membahas sedikit banyak mengenai ikan gabus merupakan jenis ikan yang tidak banyak dibudidayakan, namun banyak hidup secara liar di banyak daerah. Ikan gabus yang dikenal sebagai ikan predator ini banyak ditemukan didanau, sungai, sendang, parit, rawa-rawa, dipersawahan, bahkan perairan yang rendah kadar oksigen. Ikan gabus juga dikenal dengan banyak nama diberbagai daerah di Indonesia, diantaranya ; ikan haruan (Banjar), ikan kotes atau kutuk(Jawa), ikan kocolan (Betawi), ikan haruan atau bogo (Sunda), bocek (Riau) serta sebutan lainnya.
Inilah kandungan gizi dan khasiat pada ikan gabus
Dalam bahasa inggris, ikan predator air tawar ini disebut dengan Snake head. Menurut Wikipedia ikan gabus memiliki nama ilmiah yaitu channa striata dengan ciri-ciri secara umum tubuhnya memanjang dengan punggung berbentuk bulat, kepala pipih mirip dengan ular, warna tubuh hitam dengan perut berwarna putih atau krem, tubunya seperti bergambar, dan memiliki sirip ekor yang membulat setengah lingkaran.

Kandungan gizi ikan Gabus

Mengenai kandungan gizi yang terdapat dalam ikan jenis ini merupakan sumber protein yang sangat baik. Seperti yang telah diketahui bahwa ikan gabus diakui sebagai ikan dengan kandungan gizinya lebih banyak dari ikan jenis lain. Kandungan protein pada ikan gabus mencapai prosentase sebesar 25,5%, dimana jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng yang hanya 20,0%, ikan mas hanya 16,0%, ikan kakap hanya 20,0% hingga ikan sarden yang hanya 21,1% (Anonymous, 1996).
Ikan Gabus juga dikenal mengandung albumin, yaitu bisa mencapai sekitar 6,224 g setiap 100 g daging ikan gabus. Kandungan albumin plus mineral zinc(Zn) yang sebesar 1,7412 mg/100 g pada daging ikan gabus inilah yang terkait dengan proses penyembuhan luka yang lebih cepat dan baik. Akibat fungsi albumin yang sangat bagus serta zat ini terkandung dalama ikan gabus sangat banyak/tinggi, sehingga ikan gabus menjadi populer dikalangan medis. Dimulai sejak beberapa rumah sakit yang menangani pasien memanfaatkannya sebagai sumber albumin bagi pasien yang kekurangan albumin (hipo albumin), serta digunakan dalam terapi pengobatan, dapat mempercepat penyembuhan luka bakar, luka biasa maupun luka paska operasi.

Inilah kandungan gizi albumin dan khasiat pada ikan gabus

Mengenai Albumin dan fungsinya

Albumin sendiri merupakan unsur yang terdapat dalam plasma darah manusia, bahkan lebih banyak 60% dari jenis protein lainnya. Albumin berfungsi sebagai pembawa molekul-molekul kecil untuk melewati plasma dan cairan sel. Hal ini erat kaitannya dengan bahan metabolisme dan pembawa berbagai macam obat yang kurang larut. Dengan kata lain, albumin adalah sarana/pembawa obat-obatan, sehingga tidak mengendap dalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Jenis obat-obatan yang tidak mudah larut air seperti aspirin, antikoagulan, dan obat tidur memerlukan tugas albumin agar dapat beredar lancar didalam tubuh sehingga proses penyembuhan tubuh dapat dipercepat.

Demikian informasi yang sangat singkat mengenai kandungan gizi pada ikan gabus serta manfaat albumin bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah kandungan gizi dan khasiat pada ikan gabus

0 comments:

Post a Comment