Just writing about life because writing is sharing

Trik Windows : Gunakan 2 cara ini untuk membuat folder baru di Windows

Assalamualaikum. Selamat datang di Blog Penajam.
Pengguna komputer ataupun PC sekarang sudah sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi baik dibidang hardware maupun software. Seperti halnya sistem operasi lainnya, masing-masing sistem operasi komputer yang kita gunakan menyajikan kemudahan dalam penggunaannya.

2 cara untuk membuat folder baru di Windows 7 8 10

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit trik windows yang sangat mudah dan saya yakin sangat mudah dipraktekan oleh pengguna Windows pemula sekalipun. Trik kali ini yang saya maksud adalah bagaimana cara membuat folder baru di OS Windows. Ya cukup dengan 2 (dua) cara berdasarkan pengalaman penulis. Sepertinya kedua cara ini lebih cocok jika dipraktekkan oleh pengguna pemula dan atau pengguna yang belum mengetahui cara tersebut dibawah ini. Pada tutorial ini penulis menggunakan sistem operasi terbaru Windows yaitu Windows 10. Mari langsung kita praktekkan.

Cara Pertama : Gunakan Kursor atau Touchpad

Cara pertama ini menurut penulis merupakan cara konvensional atau cara biasa yang dilakukan oleh hampir seluruh pengguna Windows seluruh versi. Cara yang akan penulis paparkan sungguh mudah yaitu dengan menggunakan kursor baik kursor melalui touchpad bila anda pengguna laptop/netbook secara umum atau menggunakan mouse pada PC biasa. Lakukan 3 langkah mudah pada cara pertama ini, yaitu dengan melakukan klik kanan --- pilih New-- lalu pilih -- Folder, maka Folder baru akan segera muncul dan anda bisa langsung mengganti nama folder tersebut dengan nama yang anda sukai. Jika anda tekan Enter setelah melakukan klik kanan tersebut maka folder secara default (setelan Windows) akan membuat nama baru seperti New Folder (1), New Folder (2) dan seterusnya. Setelah memahami cara pertama ini, maka kita beralih ke cara kedua. Gambar dibawah ini untuk mengilustrasikan cara pertama.

2 Cara Membuat Folder Baru di Windows

Cara Kedua : Gunakan Kombinasi Kibor/Keyboard

Cara kedua ini bisa saja bagi pembaca sekalian sudah tidak asing lagi, namun penulis yakin bagi pembaca lainnya bisa saja menjadi hal yang baru. Baik langsung kita bahas sedikit dan praktekkan saja. Gunakan kombinasi kibor (keyboard) baik PC maupun Laptop yang anda gunakan. Kombinasi ini juga terbilang mudah yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol CTRL+SHIFT+N pada kibor, maka Folder baru akan terbuka. Sama halnya dengan cara pertama pada saat folder baru muncul, maka anda dapat mengubah nama folder tersebut secara langsung sesuai dengan keinginan kita. Jikalau anda sebagai pengguna tidak mengganti nama folder tersebut, anda dapat menekan tombol Enter. Dalam hal ini folder baru tersebut secara default akan bernama New Folder (1) dan seterusnya. 

Gunakan kombinasi perintah pada kibor anda.

CTRL + SHIFT + N

Ilustrasi gambar untuk cara kedua dapat dilihat dibawah ini.


Demikian 2 cara membuat folder baru di Windows. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pembaca sekalian dalam mempelajari Windows dan bekerja secara efisien dengan trik yang penulis paparkan disini. Sampai jumpa pada postingan lainnya.

Wassalamualaikum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Trik Windows : Gunakan 2 cara ini untuk membuat folder baru di Windows

0 comments:

Post a Comment