Just writing about life because writing is sharing

Informasi dan tips seputar Razia Polisi 2017

Selamat datang di blog penajam

Informasi razia atau operasi zebra tahun ini

Informasi yang berhasil kami rangkum bahwa mulai hari ini tanggal 1 November 2017 akan diadakan operasi zebra secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan rutin tahunan Kepolisian ini akan digelar selama dua minggu atau 14 hari kedepan. Dalam operasi ini polisi yang bertugas dilapangan akan menindak secara langsung pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat yang melanggar lalu lintas.

operasi zebra operasi simpatik tips hindari razia polisi


Dalam operasi ini juga dikabarkan bahwa polisi diperbolehkan untuk melakukan razia atau mencari para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Sebagai bentuk antisipasi maka kepada para pengendara baik roda dua maupun roda empat agar segera melengkapi seluruh kelengkapan kendaraannya seperti kaca spion, lampu serta plat kendaraan yang sesuai dengan aturan yang berlaku serta lain sebagainya.

Dalam hal penindakan operasi zebra memperbolehkan pengendara yang melanggar untuk dibebaskan. Berbeda halnya dengan pengendara pada saat operasi simpatik. Sebagai informasi tambahan bahwasanya masing masing Kepolisian Daerah (Polda) di seluruh Indonesia dapat melaksanakan kegiatan operasi ini selama 14 kedepan terlebih lagi dalam rangka menyambut hari raya natal dan tahun baru. Sehingga masing-masing Polda dapat menentukan target sendiri dalam melakukan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

Tips dalam menghadapi Razia Operasi Zebra 2017

  1. Lengkapi surat-surat kendaraan bermotor. Sebagai pemilik kendaraan yang sah maka selayaknya kendaraan yang digunakan memiliki kelengkapan surat-surat seperti STNK, SIM dan BPKB. Dalam hal ini biasanya polisi saat melakukan razia hanya akan menanyakan SIM dan STNK. Maka jangan lupa untuk membawa kedua surat-surat tersebut.
  2. Cek kembali kelengkapan kendaraan. Hal ini sangat penting, karena sesuai Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan disebutkan bahwa standar kendaraan bermotor harus sesuai dengan keadaan awal, sehingga perubahan standar kendaraan tersebut harus dilaporkan ke Kepolisian. Contoh : Spion standar, Knalpot standar, lampu standar dan lain sebagainya.
  3. Bedo'a. Berdo'a disini bukan berarti ketika ada razia kita akan terhindar namun berdo'a disini bersifat umum. Artinya ada atau tidak ada razia dan operasi semacamnya maka sudah selayaknya kita berdo'a karena dalam hal ini selain akan mempermudah urusan juga sebagai bentuk usaha kita dalam menghidari segala sesuatu yang tidak kita inginkan ketika kita berkendara. Do'a juga salah satu bentuk amalan kita sebagai hamba yang bertaqwa.

UU nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 68 tentang STNK plat kendaraan

Demikian informasi dan tips seputar operasi zebra 2017. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya. Salah satu harapan admin bahwa jika ada informasi yang keliru didalam tulisan ini agar sekiranya dapat memberikan masukan melalui halaman kontak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Informasi dan tips seputar Razia Polisi 2017

0 comments:

Post a Comment