Just writing about life because writing is sharing

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10

Bagi pemakai Windows apakah itu Windows 7, Windows 8 ataupun Window 10 pasti tidak akan pernah meninggalkan File Explorer atau dahulu biasa disebut Windows Explorer. Sebuah file manajer atau file manajemen bawaan sistem operasi Windows. Artinya ketika ketika memasang/menginstal sistem operasi Windows maka secara otomatis File Explorer ini akan ikut terpasang juga. Penampakan atau gambaran sederhana dari File Explorer atau Windows Explorer ini dapat dilihat dibawah ini.


file-explorer-windows-explorer-di-windows-7-8-10



Jika pada postingan lama blog ini pernah menyajikan bagaimana cara tercepat dan termudah membuka/akses Windows Explorer, dan pada prakteknya masih berlaku hingga tulisan ini dibuat. Berikutnya adalah saya akan menunjukkan 5 cara terbaik untuk membuka atau mengakses File Explorer di Windows 10 khususnya. Untuk Windows versi sebelumnya bisa saja menyesuaikan.

Cara Pertama, gunakan kursor >>> Letakkan pada menu >>> Klik Kanan >>> pilih File Explorer maka File Explorer tersebut akan terbuka. Penulis rasa cara ini lumayan mudah, jika masih bingung atau ingin mencoba cara lain maka gunakan cara kedua. Gambaran cara ini bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10 cara pertama

Cara Kedua, gunakan Command Prompt atau CMD. Untuk perintahnya cukup mudah, ketika CMD telah terbuka maka ketik perintah "explorer.exe" lalu tekan enter maka File Explorer akan dengan sangat cepat terbuka. Penulis rasa cara ini juga lumayan memudahkan selain juga dengan beberapa langkah. Cari CMD >>> Ketik perintah "explorer.exe" >>> Enter >>> File Explorer terbuka. Lanjut cara ketiga. Ilustrasi sederhana bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10 cara kedua

Cara Ketiga, gunakan perintah RUN. Cara ini boleh dikatakan sedikit agak ribet bagi yang belum pernah menjalankannya namun prinsipnya sama dengan cara kedua. Gunakan kibor notebook/PC anda untuk memulainya. Cari RUN lalu ketik perintah "explorer.exe" maka File Explorer akan terbuka. Perintah RUN bisa juga menggunakan kombinasi kibor yang kita gunakan. Langkahnya adalah Windows Key + R maka akan muncul Run. Jadi jika disingkat kira-kira begini : Windows Key + R >>> ketik "explorer.exe" >>> Enter >>> File Explorer terbuka. Lanjut cara keempat. Ilustrasi bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10 cara ketiga


Cara Keempat, Cara ini yaitu dengan membuat tombol jalan pintas (shortcut) pada taskbar Windows 10. Biasanya tombol File Explorer ini otomatis muncul ketika kita selesai menginstall atau memasang sistem operasi Windows 10. Jika tidak ada maka kita dapat membuatnya sendiri. Klik menu >>> cari File Explorer (gambar icon seperti dibawah ini) >>> Lalu Pin to Taskbar. Maka File Explorer akan mudah ditemukan karena ada di taskbar. Sepertinya ini cara termudah karena ketika sudah berada di taskbar maka dengan sekali klik File Explorer akan sangat mudah diakses. Lanjut cara terakhir atau cara kelima.

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10 cara keempat


Cara Kelima, Cara kelima atau terakhir dari penulis adalah dengan membuat pintasan (shortcut) pada start menu. Caranya juga mudah, klik Menu >>> Cari File Explorer >>> Lalu Klik Kanan >>> Pilih Pin to Start, Maka selain akan mudah juga akan menambah hiasan pada start menu windows 10 kita. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10 cara kelima

Demikian 5 cara terbaik yang penulis bisa berikan kali ini. Karena penulis menggunakan sistem operasi Windows 10 maka cara ini sangat efektif berjalan di Windows 10. Namun tidak menutup kemungkinan cara ini juga dapat digunakan pada OS Windows 7 dan 8. Mengenai pilihan mana yang paling mudah adalah pada anda sebagai pengguna, saya hanya menuliskan apa yang saya alami. Semoga dapat mencerahkan dan menambah koleksi ilmu kita. Saya berharap sekali ilmu yang sederhana ini dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan, maka jangan sungkan untuk berbagi di beranda sosial media anda. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 cara terbaik untuk membuka File Explorer di Windows 10

0 comments:

Post a Comment